Tips Belajar Efektif



Belajar adalah sebuah kegiatan wajib bagi semua orang,baik para pelajar, mahasiswa, bahkan para pekerja pun terkadang masih harus melakukan sebuah kegiatan belajar. Mungkin bagi beberapa orang, belajar merupakan hal yang paling berat dilakukan, padahal sebenarnya hal itu harus dilakukan untuk suatu tujuan tertentu. Di bawah ini akan dipaparkan cara belajar efektif, sehingga tujuan yang ingin dicapai tidak lepas begitu saja, tentunya berdasar pengalama pribadi penulis yah, hehe. Cekidot

1. Belajar harus diawali dengan "niat"





"Niat" merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebelum melakukan kegiatan apapun, termasuk belajar. Belajar dengan tanpa diawali niat itu ibarat kita memakan makanan yang sebenarnya tidak ingin kita makan, hasilnya ya bisa ditebak, makanan yang masuk tidak akan membuat kita terpuaskan. Maksudnya jika belajar tidak diawali dengan niat itu adalah akan menyebabkan dalam proses belajar, kita tidak akan merasa nyaman dengan apa yang kita pelajari, mungkin hal ini pernah kalian rasakan juga.

2.Tetapkan target


Karena pada dasarnya kegiatan apapun pasti memiliki target, tergantung hal apa yang ingin kita capai, termasuk belajar. Tanpa target, kita tidak tahu apa yang seharusnya kita capai, jadi cara belajar kita pun akan terkesan sekenanya, dan hasilnya tidak akan semaksimal jika kita memiliki target. Dan hal yang berkaitan dengan target ini adalah mengenai schedule / penjadwalan, karena akan lebih mudah lagi jika kita memiliki target yang disertai dengan schedule berapa lamanya kita ingin menyelesaikan suatu target.

3. Tidak malu untuk bertanya & tidak pelit jawab jika ditanya


Dua hal ini sangat erat kaitannya dengan kefektifan belajar, dan dengan ini kita akan lebih mudah memahami sesuatu yang sedang kita pelajari dan mempertahankannya di dalam ingatan kita. Ketika kita belajar sesuatu dan merasa sudah tertahan pada sebuah permasalahan yang ada, maka jalan yang harus kita lakukan adalah bertanya, tentu pada orang yang lebih mengerti akan hal yang sedang kita pelajari, belajar pada orang akan lebih terasa mudah dibandingkan dengan belajar secara mandiri. Dan untuk mempertahankan apa yang sudah kita dapat, kita dapat menyalurkannya pada orang lain, selain membawa kebaikan untuk orang, dengan ini juga kita akan dibantu lebih mengingat lagi tentang apa yang sudah kita pelajari, tapi ingat yah jangan pernah sampai terkesan menggurui, karena itu tidak baik.

4. Buatlah kondisi senyaman mungkin ketika belajar

Lain orang lain pula caranya untuk membuat dirinya nyaman, terutama ketika sedang belajar. Nyaman atau tidaknya kondisi kita sedang belajar sangatlah mempengaruhi hasil belajar nantinya, dengan kondisi yang nyaman maka apa yang kita pelajari akan lebih mudah masuk dalam ingatan kita, sebaliknya ketika kita belajar dalam kondisi yang tidak nyaman, tentu akan sulit untuk bisa memahami akan yang kita pelajari.

Sekian ulasan mengenai Tips Belajar Efektif, yang mana hal ini sudah saya terapkan selama pembelajaran yang saya jalani, keep spirit and keep smile :)

Komentar