ONLINE SHOPING ... Ayo, siapa takut !!!

Tegal, 24 Agustus 2016 - 16.19
Di era modernisasi saat ini, segala sesuatunya terasa semakin mudah saja dilakukan, kita seperti terbawa dari zaman "analog" ke zaman "digital" yang semuanya dapat kita lakukan melalu sebuah perangkat yang terhubung dengan koneksi internet saja, istilahnya "tinggal klik, semua beres".
Salah satu yang semakin berkembang saat ini yakni sistem.perbelanjaan yang semakin mudah saja, kita tak perlu repot-repot datang ke warung, toko, dept. store, atau bahkan mall untuk mendapat barang yang kita mau, cukup dengan "klik" barang yang kita ingin pesan, maka barang tersebut pun akan segera di proses, tentu dengan kita membayar terlebih dahulu, ya begitu mudahnya berbelanja sekarang, online shopping atau biasa kita sebut olshop sekarang.
Seperti yang kita tau, semakin lama semakin banyak toko online yang menyediakan tempat bagi para penjual barang untuk berjualan secara online, sehingga memungkinkan mereka dapat menjual segala bentuk produknya ke seluruh Indonesia, atau bahkan bisa sampai ke luar negeri, sebut saja beberapa toko online ternama di Indonesia seperti Lazada.com, Bukalapak.com, Tokopedia.com maupun OLX.com, dan untuk penjualan mendunia yang paling dikenal yakni Ebay.
Tidak dipungkiri, masih banyak saja orang yang takut untuk melakukan transaksi belanja secara online ini, karena beberapa tahun belakangan sangat banyak kasus-kasus penipuan online dalam hal online shopping ini, calon pembeli berminat dengan barang yang ada di postingan seseorang, kemudian mentransfer sejumlah uang, namun barang tidak kunjung datang ke alamat pembeli, kemudian kontak penjual mendadak hilang dari "peredaran", Namun itu terjadi sebelum adanya ide untuk menggunakan sistem rekber (rekening bersama) dari pihak ketiga sebagai media jual beli antara pihak penjual dan pihak pembeli.
Ya, dengan menggunakan rekber ini, peluang terjadinya penipuan online sudah sangat dipersempit. Sistemnya yaitu, seperti sewajarnya belanja online, pembeli "klik" barang yang ingin dibeli, pembeli transfer uang, kemudian penjual akan memproses barang pesanan untuk kemudian dikirimkan ke alamat yang dikehendaki oleh pembeli. Bedanya, pembeli mentransfer uang tidak ke rekening pribadi si penjual, melainkan mentransfernya ke rekber pihak ketiga, kemudian pihak ketiga tersebut baru akan secara otomatis mentransfer sejumlah uang yang dikirim pembeli tadi ke pihak penjual setelah pembeli melakukan konfirmasi barang diterima. Jadi jika pembeli tidak menerima barang yang dia pesan pun dapat dipastikan penjual tak akan mendapat uang yang dikirim pembeli tadi, tidak ada pilihan lain bagi penjual selain mengirimkan barang pesanan pembelinya.
Bukan hanya itu, klaim atau protes terhadap barang yang diterima pun dapat dilakukan oleh pembeli, dengan catatan barang yang diterima tidak sesuai dengan foto dan penjelasan yang sudah ada di postinga si penjual, dan proses klaim bisa akan berlanjut sampai pengembalian barang pesanan hingga penukaran barang.
Dengan sistem sekarang ini yang sangat aman tersebut, jadi alasan apalagi yang membuat kita ragu untuk berbelanja secara online ??? Selama rekber digunakan, tak perlu ragu untuk berbelanja online, selain mudah, banyak juga keuntungan yang dapat kita peroleh dengan belanja online, so......
Ayo, jangan takut belanja online !!!

Komentar